What Makes Organic Chemistry Different?

Before you start, think about this: What Makes Organic Chemistry Different? Apa yang membuat kimia organik sangat berbeda dibandingkan cabang kimia lainnya? Ya, pembelajaran kimia organik difokuskan untuk membahas senyawa-senyawa dari satu unsur saja, yaitu Karbon.

Karbon adalah unsur yang ajaib. Setiap makhluk hidup saat ini semuanya selalu membutuhkan karbon, karena karbon adalah unsur penyusun kehidupan. Memang tetap kita butuhkan unsur lain seperti hidrogen, oksigen dan nitrogen, tetapi tanpa karbon kehidupan tidak akan pernah ada. Mengapa? Bayangkan saja, semua protein, DNA, lipid, gula, dan penyusun kehidupan lainnya sebagian besar terdiri dari karbon.

Semua ini karena sifat kimia karbon yang unik, yaitu dapat membentuk 4 ikatan kovalen dengan sesama karbon (juga dengan unsur lain, tentunya) membentuk rantai yang panjang. Istilah yang menggambarkan sifat ini adalah ‘katenasi‘ (Lihat Housecroft, unsur golongan 14). Hal ini terjadi karena energi ikatan C-C sangatlah tinggi. Tingginya energi ikatan ini disebabkan karena jarak ikatan C-C yang dekat dan overlap orbital yang baik sebab ukuran karbon yang kecil. Hal lain yang menyebabkan kuatnya ikatan C-C kuat yaitu tidak adanya pasangan elektron bebas sehingga tidak ada gaya tolak antar unsur bersebelahan.