Frequently Asked Questions

 — — —

Mengenai Olimpiade

Apa itu Olimpiade Sains Nasional?

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah kompetisi sains tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan untuk 3 jenjang, yaitu SD, SMP, dan SMA.

Bidang apa yang dilombakan di Olimpiade Sains Nasional?

Untuk jenjang SD, ada Matematika dan IPA. Untuk jenjang SMP, ada Matematika, IPA, dan IPS. Untuk jenjang SMA dibagi menjadi 9 bidang yang meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Geografi, Kebumian, Astronomi, dan Ekonomi. Website ini berfokus pada bidang Kimia SMA.

Apa manfaat mengikuti OSN?

Banyak! Di samping penghargaan dan pengalaman, tentunya peserta akan mendapat kesempatan yang lebih besar untuk berprestsi dan melanjutkan pendidikan. Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu karena sangat banyak manfaat mengikuti Olimpiade.

Bagaimana cara mengikuti OSN dan Olimpiade Sains Internasional (OSI)?

Untuk mengikuti OSN, seluruh peserta harus didaftarkan oleh sekolah untuk mengikuti seleksi Olimpiade Sains Kota (OSK). Apabila lolos, maka peserta akan diseleksi di Olimpiade Sains Provinsi (OSP). Sekali lagi apabila lolos, peserta akan mendapat kesempatan mengikuti OSN. Untuk mengikuti OSI, peserta harus menunjukkan kemampuan terbaiknya di OSN dan meraih medali, kemudian akan diseleksi di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) OSI. Tahap Pelatnas dan jumlah peserta yang mengikuti OSI berbeda-beda untuk tiap bidangnya.

Di manakah saya bisa menemukan Website dan Kontes untuk bidang-bidang lainnya?

Saya tidak tahu secara pasti. Harap mencari sendiri melalui mesin pencarian google, atau gunakan rekomendasi di link berikut (tidak lengkap):

Blog Referensi

Di manakah saya bisa mendapat pelatihan untuk Olimpiade?

Saat ini banyak pelatihan Olimpiade Sains Nasional. Namun, apabila anda ingin belajar dengan pembuat web ini, mari ikut POCHINKI!

POCHINKI

 

Mengenai Website

Siapakah yang membuat website ini? Apakah merupakan organisasi resmi seperti TOKIM (Tim Olimpiade Kimia Indonesia)?

Pembuat website ini dapat anda temukan di halaman profil. Website ini dikelola pribadi. Namun, apabila anda ingin berkontribusi, why not? Tangan saya terbuka 😀

Apa tujuan website ini dibuat?

Tujuan website ini dibuat adalah untuk menyediakan bahan-bahan persiapan mengikuti Olimpiade Kimia secara GRATIS dan terbuka untuk siapapun yang berkunjung baik untuk jenjang Nasional maupun Internasional.

Apakah saya boleh menyebarluaskan isi dari website ini?

Silahkan! Saya senang apabila ilmu yang ada di website ini bisa tersebar luas dan bermanfaat.

 

Mengenai Kontes Terbuka Olimpiade Kimia

Siapa yang mengadakan Kontes Terbuka Olimpiade Kimia? Bagaimana sejarahnya?

Kontes ini merupakan inisiatif dari Ikatan Alumni Olimpiade Kimia Indonesia (IAOKI). Apa itu IAOKI? Gampangannya adalah, IAOKI adalah “TOKIM”. Sebenarnya kontes ini terinspirasi dari bidang Matematika dan Fisika yang terlebih dahulu memiliki program KTOM dan KTOF.

Apakah kontes ini gratis? Siapa saja yang boleh ikut?

Semua orang boleh ikut termasuk yang bukan peserta olimpiade. Kontes ini gratis selama-lamanya, perlu diketahui kami bukanlah orang-orang yang mengkapitalisasi ilmu 😆

Kapan kontes ini diadakan?

Harapan kami, setiap bulan dan akan selalu kami evaluasi.

Ah, kontesnya ga meyakinkan.

Woops, anda dapat melihat siapa saja kontributor soal di halaman kontes.