Dasar-dasar Kimia Organik

Selamat datang di course pertama olimpiadekimia.com berjudul dasar-dasar kimia organik! Di website ini telah banyak materi-materi kimia, tetapi anda mungkin kemarin bertanya-tanya… Mana materi organik? Banyak request materi organik telah dilayangkan ke saya. Alasan saya selama ini tidak membuat materi organik (padahal banyak orang yang memuji organik saya) adalah… Sebenarnya saya tidak tahu harus memulai dari mana. In my opinion, kimia organik adalah cabang yang harus benar-benar dicintai dan dipelajari berdasarkan pengalaman. Pengalaman apa yang saya maksud? Tentu pengalamannya adalah belajar dari textbook kimia organik yang bagus dan latihan-latihan soal.

Saya sendiri merasa saya tidak mampu ‘mengajari’ organik. Organik adalah materi yang menurut saya paling mudah dipelajari secara otodidak, tetapi paling sukar diajarkan. Kimia organik tidak seperti materi yang ‘eksak’, dihafalkan, TIDAK SAMA SEKALI. Menurut saya, untuk mengerjakan soal kimia organik selain dibutuhkan pengetahuan juga dibutuhkan ‘intuisi’ dan kira-kira. Soal-soal olimpiade misalnya, seringkali menanyakan reaksi yang ‘aneh-aneh’. Namun apabila kita sudah banyak mempelajari, latihan soal, kita akan dapat ‘sense’nya sehingga bisa mengerjakannya dengan mudah.

Oh iya, khusus untuk kimia organik, website ini akan mulai mencoba menggunakan platform e-learning, tidak berupa post biasa yang panjang 🙂 Saya telah membuka website ini supaya para alumni olimpiade kimia lainnya, terutama yang terikat dengan IAOKI, dapat berkontribusi menyumbangkan ilmunya demi pendidikan di Indonesia yang lebih baik.

Course kimia organik pertama ini akan berisi tentang dasar-dasar dan materi esensial yang perlu anda ketahui, sebelum mempelajari mekanisme reaksi dan hal-hal yang lebih dalam lagi. Selamat belajar!