Laboratory Techniques in Organic Chemistry 4th ed. Mohrig

Buku berjudul “Laboratory Techniques in Organic Chemistry” ini mantap sekali untuk belajar praktikkum, sangat recommended. Textbook ini merupakan salah satu textbook yang digunakan sebagai bahan belajar Massachusetts Institute of Technology (MIT). Saya dapat info ini dari orang spesial hehehe… Saya sendiri menggunakan buku ini sebagai pegangan utama untuk belajar praktikkum di Pelatnas IChO.

Buku ini sangat lengkap untuk masalah praktikkum organik, jangan khawatir. Anda pun tidak akan bosan karena bahasanya komunikatif dan semakin dibaca semakin menarik diikuti. Saya sendiri sangat menyarankan untuk baca dari depan karena pengetahuannya mulai dari pembukaan sangat lengkap mulai dari safety hingga green chemistry.

 

Tips Belajar Buku Ini

Bab-bab yang penting dan sangat penting untuk dipelajari adalah bab I – V, bab VII, bab IX – XII, bab XV, dan bab XVIII.

  • Bab I – V berisi hal-hal dasar seperti keamanan praktikkum, green chemistry, pengenalan alat-alat, prosedur pengukuran massa dan angka signifikan. Tiga hal terakhir yang disebutkan ini meskipun sederhana tetapi sangat penting.
  • Bab VII ini sangat-sangat penting bagi yang ingin pelatnas, karena dapat dipastikan kalian akan menemui reflux saat praktikkum organik (dengan Ibu Deana, lebih tepatnya hehehe). Reflux juga selalu dijadikan bahan tes komprehensif praktikkum organik.
  • Bab IX juga sangat penting karena membahas penyaringan. Di setiap praktikkum organik pelatnas, pasti kalian akan menyaring berulang kali, entah menggunakan cara biasa atau menggunakan corong Buchner. Di buku ini disediakan prosedur lengkapnya.
  • Bab X tidak kalah penting, karena kalian pasti akan berulang kali ekstraksi juga saat pelatnas. Ekstraksi yang dimaksud yaitu ekstraksi dengan labu ekstraksi. Di buku ini dibahas kesalahan-kesalahan umum yang kalian pasti akan alami saat pertama atau kedua kali ekstraksi. Ekstraksi skala mikro dengan tabung Falcon juga sudah pernah keluar di OSN, tepatnya OSN 2017.
  • Bab XI dan XII mungkin tidak sepenting bab-bab sebelumnya, tetapi pelajarilah apabila sudah berhasil lolos Pelatnas I, karena di Pelatnas berikutnya akan diperkenalkan dan diteskan.
  • Bab XV sangat penting. Tentunya sangat dibutuhkan di Pelatnas tahap lanjut karena selalu akan dikeluarkan di praktikkum organik, terutama di tahap III dan IV. Untuk tahap I mungkin tidak terlalu intens diajarkan rekristalisasi.
  • Bab XVIII adalah bab yang sangat esensial untuk dipelajari baik itu oleh peserta Pelatnas, peserta OSN, atau peserta lomba di luar OSN. Di Pelatnas, KLT merupakan salah satu skill yang sangat menentukan nilai di praktikkum Organik. OSN juga sudah berkali-kali mengeluarkan praktikkum dengan KLT.

Bab lain selain yang disebutkan bisa dilewati.

 

Alternatif untuk buku ini adalah textbook dari Vogel, namun tidak saya rekomendasikan. Bagi anda yang akan segera mengikuti Pelatnas IChO atau OSN Kimia, sebaiknya persiapkan diri mempelajari buku ini.

 

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-download. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.

3 Shares