Trik Menaikkan Peluang Lolos Penyisihan Lomba Universitas

Pada post ini, penulis akan membagikan trik jitu lolos penyisihan lomba kimia yang diadakan berbagai universitas (NCC ITS, Oktan ITB, CF UI, OKN UGM, dll). Trik ini memanfaatkan ilmu peluang dan statistika. Loh, lombanya kan kimia, apa hubungannya dengan peluang dan statistika?
Untuk itu, mari pahami dulu struktur soal dalam lomba-lomba yang sering diadakan universitas.

Pertama, penyisihan lomba di universitas pasti formatnya pilihan ganda.

Pernahkah kalian menemukan penyisihan lomba Olimpiade Kimia yang formatnya isian singkat atau uraian? Penulis rasa, sangat jarang bahkan tidak ada sama sekali. Semua formatnya selalu pilihan ganda dengan 5 opsi: A, B, C, D, dan E. Format pilihan gandanya juga biasanya mirip-mirip, ada yang benar atau salah sebab-akibat, ada yang memilih pernyataan-pernyataan yang benar (1, 2, 3 benar, 2 dan 4 benar, 4 saja, dll).

Kedua, struktur lomba di pilihan ganda, biasanya ada penalti untuk jawaban salah.

Biasanya, sistem lomba menggunakan format Benar +4, Kosong 0, dan Salah -1 (Kita sebut ini format A).
Ada yang menggunakan format Benar +3, Kosong -1, dan Salah -2 (Kita sebut ini format B).
Ada yang menggunakan format Benar +3, Kosong 0, dan Salah -1 (Kita sebut ini format C).
Ada juga yang formatnya sadis, yaitu Benar +2, Kosong 0, Salah -1 (Kita sebut ini format D).
Ada yang formatnya Benar +4, Kosong -1, dan Salah -2 (Kita sebut ini format E).
Ada yang formatnya Benar +4, Kosong 0, Salah -2 (Kita sebut ini format F)
Nah setelah memahami kedua hal diatas, saatnya kita digunakan ilmu peluang dan statistika untuk menentukan strategi yang baik dalam menghadapi penyisihan lomba kimia. Strategi ini bergantung pada format lomba yang kita hadapi.

Sekarang pikirkan hal ini:

Dari soal 5 opsi, seandainya anda tidak dapat mengerjakan 1 soal dan memilih jawaban secara acak (full random), berapakah peluang anda menjawab benar? Ya, Jawabannya adalah 20%.
Bagaimana kalau anda tahu ada 1 opsi yang pasti salah? Maka peluang anda menjawab benar adalah 25%.
Bagaimana kalau 2 opsi pasti salah? Peluang anda 33.3%.
Bagaimana kalau anda harus memilih dari 2 jawaban yang anda yakin salah satunya benar? Pilihan anda menjawab benar adalah 50%.

Format A (mayoritas menggunakan format ini)

Mari mulai berhitung! Misalkan anda tidak bisa sama sekali mengerjakan 5 soal, dan anda me-random semuanya, berapakah frekuensi harapan anda menjawab benar? Ya, karena peluang benar 1 soal 20%, maka peluang anda benar 1 dari 5 soal sangat besar. Bila digunakan format A, B +4 K 0 S -1, maka jika anda benar 1 dari 5 soal nilai anda 0. Nilai yang sama akan anda raih jika anda mengosongi semua jawaban.
Bagaimana kalau anda tahu di tiap soal ada jawaban yang sudah pasti salah? Tentu peluang anda menjawab benar meningkat. Dari 5 soal yang anda tidak tahu, ada peluang anda mendapat 0, +5, bahkan +10 (+15 hingga +20 sangat unlikely will happen, tapi bisa juga). Ada resiko mendapat -5 yang sangat kecil bila anda mengeliminasi jawaban yang pasti salah.
Kesimpulannya: ketika anda mengikuti penyisihan dengan format A, eliminasi jawaban yang salah sebanyak mungkin, dan jawab semua soal, jangan dikosongi sama sekali.

Format B

Sadarkah anda bahwa format A dan format B sebenarnya adalah 2 format yang sama? Anda dapat menggunakan strategi format A.
Bukti bahwa format A dan B sama: Ketika anda menjawab 1 dari 5 soal benar dan sisanya salah, nilai anda -5. Ketika anda mengosongi 5 soal tersebut, nilai anda juga -5, jadi kedua format ini sebenarnya sama.

Format C

Untuk format C, kita perlu berhati-hati, sebab bila menggunakan strategi format A, ada peluang nilai kita berkurang. Peluang kita benar, 20%, sehingga bila kita menjawab benar 1 dari 5 soal, nilai kita -1. Tidak terlalu besar, tapi tetap beresiko. Untuk format C, kita HARUS selalu mengeliminasi MINIMAL 1 opsi yang salah, sehingga peluang kita benar 25%. Artinya, dari 4 soal, kita akan menjawab 1 benar, sehingga nilai kita sama dengan mengosongi 4 soal tersebut, 0.
Kesimpulannya: ketika anda mengikuti penyisihan dengan format C, eliminasi minimal 1 jawaban yang pasti salah, lalu dijawab. Ketika anda benar-benar tidak tahu mana yang harus dieliminasi, kosongi saja.

Format D

Format D ini sangat berbahaya. Dari 3 soal yang dijawab, salah satunya harus kita jawab dengan benar agar nilainya sama dengan mengosongi 3 soal. Oleh karena itu, peluang kita benar harus 33.3%, artinya kita harus mengeliminasi 2 opsi jawaban yang pasti salah.
Kesimpulannya: ketika anda mengikuti penyisihan dengan format D, bila anda tidak bisa mengeliminasi minimal 2 jawaban yang salah, kosongi soal tersebut.

Format E

Format E ini format yang paling baik hati. Format E setara dengan B 5 K 0 S -1. Buktinya adalah, mengosongi 6 soal nilainya akan sama dengan menjawab 1 benar dan sisanya salah. Ingat, peluang kita benar adalah 20%, jadi me-random semua soal format E tentunya aman.
Kesimpulannya: ketika anda mengikuti penyisihan dengan format E, selalu isi semua soal, jangan dikosongin.

Format F

Format F sebenarnya sama dengan format D. Gunakan strategi yang sama dengan format D.
Penulis sudah membuktikan sendiri bahwa strategi ini sangat mendongkrak peringkat penyisihan lomba kimia di berbagai universitas.
Sekian tips dari penulis, semoga bermanfaat.

Tuhan Yesus Memberkati 🙂
0 Shares